Tips sederhana Merawat Gigi agar tetap sehat dan terhindar dari bau pada rongga mulut oleh Rendy

Penyebab lokal adalah keadaan yang terjadi dalam rongga mulut karena adanya karang gigi, dimana hal ini disebabkan oleh sisa makanan pada rongga mulut yang dibuarkan dalam waktu lama kemudian hancur dan lekat pada gigi, sehingga menghasilkan aroma tidak sedap.

Selain itu penyebab lainnya adalah gigi berlubang yang biarkan tanpa perawatan, ketika lubangnya telah sampai pada lapisan bernama pulpa, maka akan menghasilkan gas yang menyebabkan bau pada mulut.

Penyebab sistemik, artinya bau yang disebabkan oleh kesehatan secara umum seperti infeksi pada lambung yang kronis, maka gas pada lambung bisa keluar lewat rongga mulut, kadang juga bau disebabkan oleh infeksi menahun pada rongga hidung yang kemudian orang menyimpulkan secara umum sebagai bau pada rongga mulut.

Berikut beberapa tips sederhana dari Rendy agar tetap terhindar dari bau pada rongga mulut.

“Jangan sering kumur dengan menggunakan anti biotik, kecuali terdapat infeksi pada gusi dan lainnya, karena di dalam mulut tidak hanya terdapat bakteri jahat, tetapi juga bakteri baik ada di sana. Apabila sering kumur menggunakan antibiotik maka bakteri baik ikut terbunuh, dan bakteri jahat semakin leluasa.

Menciptakan kondisi lingkungan pada rongga mulut yang bersih dari plak dan karang gigi.

Jika ada gigi berlubang segera dirawat ke puskesmas atau klinik terdekat,” Jelas Om Rendy sapaan akrabnya.

Penulis: Barros
Editor: Kika Elisabeth

Previous post Beberpa Puisi Sapardi Dirangkum dari Buku “ayat-ayat api”
Next post Cinta dan Toleransi Pandangan Mahatma Gandhi dan Relevansinya Membangun Kesatuan NKRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.