Tips sederhana Merawat Gigi agar tetap sehat dan terhindar dari bau pada rongga mulut oleh Rendy

Enamel
Enamel atau disebut juga dengan email merupakan jaringan terluar gigi berwarna putih yang berfungsi melindungi dentin. Jaringan ini bisa dilihat dengan mata telanjang dan merupakan jaringan paling keras dan kuat di tubuh manusia.

Dentin
Dentin adalah jaringan yang tepat berada di bagian bawah enamel. Dentin berisi lubang-lubang kecil yang terhubung dengan saraf gigi. Ketika jaringan enamel rusak, suhu panas atau dingin dapat masuk ke gigi melalui lubang-lubang tersebut dan menyebabkan rasa sakit atau sensasi nyut-nyutan.

Cementum
Struktur anatomi gigi selanjutnya adalah cementum. Cementum adalah jaringan ikat keras yang berfungsi mengikat akar gigi supaya menancap kuat ke gusi dan tulang rahang. Jaringan ini lebih lembut dari dentin dan enamel.

Pulpa
Pulpa adalah jaringan ikat yang letaknya di bagian tengah gigi. Meski menyerupai jaringan ikat lainnya, pulpa memiliki fungsi yang unik dan spesial. Fungsi jaringan ini adalah membentuk dentin, memberi nutrisi, mempertahankan gigi, vaskularisasi, serta sebagai persarafan dan sensori.

Previous post Beberpa Puisi Sapardi Dirangkum dari Buku “ayat-ayat api”
Next post Cinta dan Toleransi Pandangan Mahatma Gandhi dan Relevansinya Membangun Kesatuan NKRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.