Terjebak Kuliah Online Atau Tugas Online

Dunia hari ini diperhadapkan pada bencana non-alam, Corona Virus Disease (Covid-19) telah merenggut sejumlah jiwa, permasalahan ini tentunya menjadi perhatian khusus bagi umat manusia. Saat ini Covid-19 menjadi salah satu permasalahan yang terjadi di Indonesia, angka yang meningkat drastis setiap harinya tentu perlu penanganan khusus terhadap permasalahan tersebut, Pemerintah Pusat, Pemerintah daerah secara serentak membuat beberapa peraturan yang mewajibkan kita tetap berada di Rumah.

Mari sedikit kita menaruh perhatian kita pada peraturan pemerintah khususnya dunia pendidikan, kebijakan yang diambil oleh dunia pendidikan yaitu dengan mengadakan pembelajaran dari rumah atau yang kita kenal dengan Kuliah Online. Yah kuliah online saat ini perlu perhatian lebih mendalam berkenaan dengan proses belajar mengajar yang diterapkan, Kuliah online secara sederhana dapat dipahami pengertiannya bahwa sistem perkuliahan yang memanfaatkan akses internet sebagai media pembelajaran yang dirancang dan ditampilkan dalam bentuk modul kuliah, rekaman video, audio atau tulisan oleh pihak akademi.

Saat Ini banyak yang salah mengartikan makna dari kuliah online, Kesalah pahaman terhadap kuliah online menjadi salah satu hal yang perlu di perhatikan, realita yang terjadi saat ini ditengah kuliah online sangat bervariasi. Saat ini mahasiswa hanya dituntut mengerjakan tugas dan dikumpulkan secara online, tentunya hal ini adalah keliru apalagi diperparah dengan pemahaman atau konsep yang menekankan bahwa “tidak mengerjakan tugas berarti dianggap tidak mengikuti kuliah”, Siapa yang harus kita salahkan dari masalah ini ?

Mahasiswa jangan dibebani dengan tugas dalam waktu yang mepet, dan tidak belajar dari metode daring atau kuliah online, hal yang paling mendasar dari kuliah online yaitu belajar di rumah dengan interaksi seperti biasanya namun dibedakan dengan penggunaan media online. Namun dari sudut pandang ini tentunya mahasiswa juga jangan hanya mau ikut-ikutan (bukan berarti membantah) tetapi lebih menunjukkan bahwa pola pikir mahasiswa saat ini sudah maju selangkah dan tidak terperangkap pada pemahaman keliru antara kuliah online dan tugas online. Permasalahan ini tentunya perlu pengkajian khusus bagaimana langkah konkrit yang perlu diambil dalam pelaksanaan kuliah online.

Tentang Penulis
Yorim N. Lasboi Lahir di So’E 23 November 1993, Menyelesaikan Studi Strata I di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, Tertarik Menulis Masalah Sosial, Dengan Kajian Ilmiah

Previous post Adakah Jenuh ?
Next post Bumiku tak sedang baik,

One thought on “Terjebak Kuliah Online Atau Tugas Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.