Sahabat Penggerak Literasi-NTT Bisa NTT Bangkit

Literasi Pendidikan NTT

NTT merupakan Provinsi kepulauan yang terdiri dari 22 Kabupaten/kota yang terdiri dari 21 kabupaten dan 1 kota dengan luas wilayah sebesar 48.718,10 km. NTT juga merupakan Provinsi yang berbatasan langsung dengan wilayah Timor Leste.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan sipil (Dukcapil) kementerian dalam negeri penduduk NTT yang berhasil menamatkan pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi atau Universitas mencapai 326,3 ribu jiwa (5,95%). Dengan rincian terdapat 567 jiwa (0.01%)merupakan lulusan S3,ada 9,36 ribu jiwa (0,17%) pendidikan hingga jenjang S2,0 231,13 ribu jiwa(4,21%) bersekolah hingga jenjang S1. Ada pula 62,32 ribu jiwa (1,1%) penduduk di provinsi tercinta ini lulus D3 dan terdapat 22,93 ribu jiwa (0,42%) yang berpendidikan D1 dan D2. Selain itu ada 1,41 jiwa penduduk NTT Sekolah Dasar dan juga 968,24 ribu jiwa yang belum tamat SD sedangkan yang belum sekolah 1,24 ribu jiwa.

Baca Juga: KREATIVITAS MENGHIDUPKAN LITERASI

Berdasarkan data di atas dapat dikatakan bahwa penduduk NTT yang telah banyak terdidik. Ada juga tokoh-tokoh dan putera terbaik yang S3 di luar negeri sebut saja di Roma, Jerman, Amerika dan Asia. Itu artinya anak-anak NTT memiliki daya pikiran yang baik dan rata-rata memiliki potensi yang luar biasa.

Selain itu dari sektor pariwisata banyak wilayah yang memiliki potensi dan kaya alam sebut saja Pulau Komodo, Kelimutu,Pulau Padar,Pulau Kera,Pantai Lasiana, Pantai Naem,Danau Sano Nggoang,Wisata pulau Alor,Pulau Kera,Wisata Rumah adat dan Pasola,Air terjun Oenesu,Wisata Benteng Makes,Pulau Kanawa,Goa Batu Cermin,Gili Laba,Pulau Semau,Air Panas Soa,Bukit Cinta,Wisata Gunung Mutis,Pantai Nembrala,Pantai Motadikin,Pantai Kolbano, dan tentu masih banyak kekayaan alam NTT lainya.

Baca Juga: Pendidikan Vokasi di NTT siap Terima Tantangan Dunia Usaha dan Dunia Industri

Semua itu menunjukkan bahwa NTT kaya akan Wisata sekarang bagaimana cara mengolah untuk kebaikan masyarakat NTT itu sendiri.
Dalam dunia hiburan sudah ada beberapa tokoh dan anak-anak NTT berhasil juara 1 lomba The Voice, X factor, dan sudah ada beberapa artis dari NTT. Dari Publikasi dan Literasi banyak penulis muda dan sastrawan juga berasal dari NTT. Misalnya Mario F Lawi, Maria Pankratia, dan Giovanni A.L Arum, Sastrawan kita yang pernah terpilih jadi pembicara di tingkat internasional di Makassar dalam kegiatan MIWF pada 26-29 Juni 2019. Di Kupang ada Media Pendidikan Cakrawala NTT pak Richarno Gusty (Gusti Rikarno S.Fil) sudah berkiprah di dunia pendidikan dan sudah menghasilkan banyak karya dan tulisan bagi NTT. Tentu masih banyak tokoh-tokoh lain yang berkiprah untuk memajukan NTT di segala bidang.

Hari ini bertepatan dengan HUT NTT ke 63 kami dari media pendidikan cakrawala NTT mengadakan lomba dan menggali potensi dari putra-putri terbaik dan sudah menghasilkan 430 karya yang masuk. Hal ini menunjukkan bahwa anak-anak NTT mau bangkit dan mau maju.
Kita juga berduka karena salah satu tokoh terbaik NTT Pak Drs.Frans Lebu Raya pergi untuk selamanya.Terima kasih Bapak jalan dalam damai, doakan kami putra-putri NTT semoga di HUT ke 63 kami tetap bertumbuh dan berkembang untuk maju bersama bergandengan tangan menuju NTT yang cemerlang dan bahagia. Dirgahayu NTT ke 63.Salam Literasi.Salam Cakrawala.

Penulis: Felix, Formator dan editor MPC NTT

Editor: Nadi

Benteng Tujuh Lapis Atambua Previous post Fakta Menarik Benteng 7 lapis Kabupaten Belu Kota Atambua
Next post Ingin Bepergian Menggunakan Bus & Travel Selama PPKM Baca Syaratnya

One thought on “Sahabat Penggerak Literasi-NTT Bisa NTT Bangkit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.