Rumah Cerdas Oantasi : Kontribusi Untuk Perubahan Pendidikan NTT

Nadiinformasi.com – Rumah cerdas Oantasi merupakan salah satu rumah baca yang beralamatkan di JL motaain, Dusun Adat desa Jenilu, Atapupu-Atambua, NTT.

Rumah baca yang didirikan oleh Paskalis Seran dan Ardi Mesakh ini sudah mulai beroperasi sejak sabtu,20/02/2021.

Sama seperti namanya Rumah cerdas Oantasi memiliki arti rumah untuk mencerdaskan anak-anak dan masyarakat sekitar yang tinggal dipesisir pantai Atapupu.

“Rumah cerdas Oantasi ini dibangun karena anak-anak yang sekarang jarang ke sekolah akibat pandemi berkepanjangan hingga saat ini. Kami berpikir, untuk membuat suatu perubahan, berkontribusi untuk pendidikan anak di daerah disini. Bukan saja untuk anak-anak, tapi rumah rumah cerdas ini juga bisa dipakai oleh semua kalangan usia”, terang Paskalis Seran saat diwawancarai via telepon.

Adapun program di Rumah cerdas Oantasi meliputi baca tulis, dan belajar bahasa Inggris disetiap hari Sabtu. Selain itu, mereka pun berencana akan membuat sebuah seminar mini di bulan Maret, untuk melatih anak-anak tentang kepemimpinan, bagaimana menumbuhkan rasa percaya diri, dan publik speaking.

Aktivitas anak-anak yang sedang membaca

“ya, harapan kami dengan adanya rumah cerdas ini, anak-anak sekitar bisa mendapatkan tambahan wawasan, mereka bisa bertemu banyak orang, belajar bersosialisasi dan berinteraksi dengan banyak orang, serta masyarakat juga mendapatkan akses pengetahuan tambahan karena kedepannya kita akan menyediakan buku tentang pertanian, pariwisata, perikananan dan masih banyak lagi yang tentunya mereka butuhkan”, tutup Paskalis Seran.

Kegiatan positif satu ini perlu diapresiasi karena mengingat bahwa NTT masuk dalam 11 provinsi di Indonesia yang memiliki angka buta huruf tertinggi dengan ratio 5,51%. Bagi teman-teman yang ingin berkunjung, memberikan donasi atau melihat aktivitas rumah cerdas Oantasi bisa langsung mengunjungi sosial medianya (IG&FB) @RUMAHCERDASOANTASI

Penulis: kikaelisabeth
Editor: Nadi

Previous post Siapa Bilang Orang Muda Tidak Memiliki Tanggung Jawab ?
Next post Pemalas Berkedok Sibuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.