Kehadiran Mahasiswa KKN UNWIRA Kupang Membantu Meningkatkan Semangat Belajar Anak-Anak Desa Oetmanunu

Kehadiran Mahasiswa KKN UNWIRA Kupang Membantu Meningkatkan Semangat Belajar Anak-Anak Desa Oetmanunu

Sekolah adalah lembaga pendidikan yang harus terus diperhatikan. Hal ini karena sekolah adalah dunia pendidikan yang menjadi tempat menimba ilmu dan berbagi pengalaman yang berkaitan dengan proses perkembangan ilmu pengetahuan. Dunia pendidikan saat ini, terlebih di bumi Nusa Tenggara Timur, keterbatasan kemampuan siswa dalam hal membaca dan menulis untuk pendidikan sekolah dasar sedang kritis sejak dilanda pandemi covid-19 dan badai seroja. Kedua bencana alam yang terjadi ini, sesungguhnya bukan hanya mengurangi angka populasi manusia dan menghancurkan bangunan tetapi juga menghantam keras dunia pendidikan dengan bertumbuhkembangnya anak-anak yang belum mahir dalam membaca dan menulis, bahkan juga meningkatkan angka anak yang belum mengenal membaca dan menulis. Hal ini terjadi karena ketiadaan proses belajar mengajar yang efektif di sekolah. Selain sekolah, rumah adalah tempat belajar yang paling pertama dan utama dalam mengembangkan pengetahuan anak. Oleh karena diterapkannya kedua bencana alam yakni pandemi covid-19 dan badai seroja, rumah mengalami berbagai keterbatasan dalam usaha perkembangan ilmu anak.

Setelah melewati beberapa periode berjalan, kini Universitas Katolik Widya Mandira Kupang kembali melaksanakan Kegiatan KKNT/PPM semester ganjil tahun 2021-2022 angkatan keempat secara offline (turun ke berbagai desa). Mahasiswa/i peserta KKN UNWIRA hadir berbaur bersama masyarakat, menerapkan dan menyalurkan ilmu yang telah diemban selama berada di Universitas serta menimba ilmu  bersama masyarakat di tempat KKN. Salah satu program dalam kegiatan yang dilakukan adalah membimbing dan mengembangkan ilmu anak dalam dunia pendidikan yang ada di desa, khususnya desa Oematnunu yang menjadi salah satu tempat sasaran kegiatan KKN UNWIRA.

Baca juga: Kehadiran Mahasiswa KKN UNWIRA Kupang Membantu Meningkatkan Semangat Belajar Anak-Anak Desa Oetmanunu

Kehadiran mahasiswa/i peserta KKN UNWIRA di dunia pendidikan bukanlah sebuah kebetulan, melainkan kegiatan ini merupakan salah satu program yang dibuat oleh peserta KKN untuk terjun ke dunia pendidikan khususnya pendampingan anak-anak Sekolah Dasar (SD). Wujud dari pendampingan terhadap anak-anak ini menjadi sebuah motivasi utama untuk membangkitkan semangat belajar anak didik dan menggali potensi pengetahuan anak yang sekian lama terhambat oleh karena pandemi covid-19 dan badai seroja di desa Oematnunu.

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa/i KKN dalam upaya mengembangkan ilmu pengetahuan anak dalam dunia pendidikan di desa Oematnunu adalah belajar bahasa Inggris dengan membaca, menulis dan menyanyi. Kegiatan ini dibagi dalam dua kelompok yakni kelompok pertama dilaksanakan pada waktu sore hari, dari pukul 15.00 hingga pukul 17.00 yang bertempat di SD GMIT Oematnunu. Sedangkan, kelompok kedua dimulai pada pukul 18.15 hingga selesai. Dalam proses pelaksanaan kegiatan ini langsung berada dibawah koordinator ketua kelompok peserta KKNT-PPM UNWIRA di desa Oematnunu yakni Frater Agostinho do Rego, CMF. Kegiatan ini juga ditanggapi dengan sangat antusias oleh anak-anak yang ada di desa Oematnunu. Hal ini sehingga salah satu peserta didik mengatakan ; “kami merasa sangat bahagia belajar bahasa Inggris bersama kakak-kakak mahasiswa KKN. Hal ini karena sebelumnya yang kami tahu hanya sebatas kata bahasa Inggris, itu saja. Namun, setelah melalui privat belajar bahasa Inggris sore setiap hari, pengetahuan kami tentang bahasa Inggris semakin bertambah ungkap Osni, salah satu siswa kelas 6 SD GMIT Oematnunu (14 tahun).

Dalam upaya untuk melihat perkembangan anak peserta didik, maka mahasiswa/i KKN membuat perlombaan sederhana. Sebagaimana perlombaan yang dirancang, adapun jenis perlombaan yang akan dilombakan yakni: Pronunciation, vocabulary, grammar and dance. Perlombaan ini pun dilaksanakan pada hari Minggu sore tanggal 20 Februari 2022 di halaman rumah Bapak Kepala Desa. Menanggapi proses kegiatan belajar mengajar hingga perlombaan yang dibuat oleh mahasiswa/i KKN UNWIRA di desa Oematnunu, orangtua murid yang terlibat pun mengatakan bahwa; “Kami sangat bangga melihat anak-anak kami belajar dengan penuh semangat bersama mahasiswa/i KKN dari Unwira. Kami pun berharap agar kedepannya anak-anak kami tetap bersemangat untuk terus belajar walaupun tanpa bimbingan para mahasiswa/i KKN. Ungkap ibu Marice (salah satu orangtua murid anak didik)

Akhirnya kesan dan pesan serta harapan dari mahasiswa/I peserta KKN di desa Oematnunu dalam dunia pendidikan adalah; ‘Sesungguhnya masa depan bangsa dan negara  berada di tangan anak-anak generasi muda. Dunia pendidikan menjadi tolok ukur yang paling pertama dan utama dalam perkembangan pengetahuan anak. Hal ini sehingga dengan pendidikan kita bisa bergerak lebih maju dari keterbelakangan pengetahuan’ demikian sebagaimana yang disampaikan oleh Frater Agostinho do Rego, CMF (Ketua Kelompok KKNT-PPM UNWIRA di Desa Oematnunu).

Penulis: Aditia Gawa, saat sedang menjalankan KKNT/PPM, Tepat di desa Oematnunu, hobi olahraga, membaca dan mneulis. Karya ini dibuat sebagai salah satu syarat untuk memenuhi KKNT (kuliah kerja nyata tematik/ Pemberdayaan Masyarakat).

Editor: Nadi

Peserta KKNT/PPM (Kuliah Kerja Nyata Tematis-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat) Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) Kupang Previous post Peserta KKNT UNWIRA Kupang Adakan Lomba Bahasa Inggris
Typo saat Menulis ? ini Cara Cepat Perbaikinya Next post Typo saat Menulis ? ini Cara Cepat Perbaikinya

One thought on “Kehadiran Mahasiswa KKN UNWIRA Kupang Membantu Meningkatkan Semangat Belajar Anak-Anak Desa Oetmanunu

Tinggalkan Balasan

Social profiles