POLITICAL SOVEREIGNTY MENGANTISIPASI KKB PAPUA YANG MENGGUNAKAN SENJATA API BUATAN AMERIKA SERIKAT DAN AUSTRALIA

Selain itu juga, pemerintah mencap KKB sebagai teroris. Pemerintah mencap KKB sedemikian karena KKB sering kali melakukan aksi penembakan pada sejumlah warga sipil secara brutal. Selain itu juga, ada berbagai fakta yang dungkapkan oleh pemerintah Repoblik Indonseia melalui Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD bahwa adanya banyak tokoh masyarakat, tokoh adat, Pemerintah Daerah, dan DPRD Papua yang datang kepada Pemerintah khususnya Kemenko Polhukam untuk menangani tindakan-tindakan kekerasan yang muncul belakangan ini di Papuan (Tribun-Papua.Com 25 Juni 2021).

Mahfud juga menjelaskan bahwa setiap perbuatan yang menggunakan kekerasan, atau ancaman kekerasan yang menimbulkan suasana teror atau rasa takut secara meluas yang dapat menimbulkan korban secara massal dan atau menimbulkan kerusakan atau kehancuran terhadap objek vital yang strategis, terhadap lingkungan hidup, fasilitas publik, atau fasilitas internasional dengan motif ideologi, politik, dan keamanan dapat dikelompokkan ke dalam kelompok terorisme sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang tindakan pemberantasan tindak pidana terorisme. Berdasarkan defenisi yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 maka apa yang dilakukan oleh KKB dan segala nama organisasinya dan orang-orang yang berafiliasi dengannya adalah tindakan teroris.

BAGAIMANA POLITICAL SOVEREIGNTY MENGANTISIPASI KKB PAPUA?
Pada akhir-akhir ini terdapat berbagai berita yang dipublikasikan bahwa KKB Papua diduga menggunakan senjata api buatan Amerika Serikat dan Australia. Senjata api tersebut di adakan oleh oknum-oknum tertentu dengan menggunakan sumber dana utama yang berasal dari kawasan penambangan emas ilegal di beberapa kabupaten di Papua, ujar Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri (Kompas,09/04/2021). Senjata api yang digunakan oleh KKB tersebut diselundupkan melalui perbatasan Indonesia dan Papua Nugini kata, pengamat teroris dari Universitas Indonesia Ridwan Habib (Medcom.id 09/05/2021).

Previous post Kasus Covid Bertambah, Kementerian Kesehatan Tetapkan 3 Rumah Sakit Khusus Pasien Covid
Next post MENTALITAS INSTANISME MANUSIA TERHADAP ALAM

One thought on “POLITICAL SOVEREIGNTY MENGANTISIPASI KKB PAPUA YANG MENGGUNAKAN SENJATA API BUATAN AMERIKA SERIKAT DAN AUSTRALIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.