POLITICAL SOVEREIGNTY MENGANTISIPASI KKB PAPUA YANG MENGGUNAKAN SENJATA API BUATAN AMERIKA SERIKAT DAN AUSTRALIA

Adrianus Berek
Mahasiswa Fakultas Filsafat
UNWIRA Kupang

Political Sovereignty merupakan sebuah frasa yang memiliki arti yang bertautan satu sama lain. Arti kedua kata tersebut dapat dikaji dari setiap akar katanya. Berdasarkan akar katanya, Political dan sovereignty berasal dari kata bahasa Inggris yang terdiri dari: Political yang berarti politik dan Sovereignty yang berarti kedaulatan. Jadi, Political Sovereignty dapat diartikan dalam kata bahasa Indonesia sebagai politik kedaulatan.

Selain itu juga, Political Sovereignty dapat diartikan oleh para ahli sebagai berikut. Menurut Plato dan Aristoteles Political (politik) diartikan sebagai en dam onia atau the good life yang dimengerti sebagai usaha menggapai kehidupan yang baik dalam konteks tertentu (Prof. Miriam Budiarjo, 2008: 13). Sedangkan, Sovereignty (kedaulatan) diartikan oleh Jean Bodin sebagai kekuasaan tertinggi pada suatu negara atau kekuasaan yang tidak terletak di bawah kekuasaan negara lain. Berdasarkan pandangan dari para ahli tersebut maka, dapat disimpulkan bahwa Political Sovereignty adalah usaha menggapai kehidupan yang baik pada suatu negara dengan berlandaskan kekuasaan tertingginya.

SIAPA ITU KKB PAPUA?
KKB Papua merupakan sebuah Kelompok Kriminal Bersenjata yang berada di wilayah Papua. Sebutan KKB digunakan oleh lembaga penegak hukum Indonesia untuk mengantisipasi kelompok militan yang mengatasnamakan diri mereka sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPMB-OPM). Istilah KKB juga dipakai oleh polisi supaya bisa mengatakan bahwa peristiwa yang mereka lakukan adalah peristiwa kriminal. Di samping itu pada tahun 2019, mantan panglima TNI menilai bahwa sebaiknya pemerintah tidak hanya memberikan label kepada mereka hanya sebagai kelompok kriminal melainkan sebagai kelompok separatis yang berarti harus (dihadapi secara) militer.

Previous post Kasus Covid Bertambah, Kementerian Kesehatan Tetapkan 3 Rumah Sakit Khusus Pasien Covid
Next post MENTALITAS INSTANISME MANUSIA TERHADAP ALAM

One thought on “POLITICAL SOVEREIGNTY MENGANTISIPASI KKB PAPUA YANG MENGGUNAKAN SENJATA API BUATAN AMERIKA SERIKAT DAN AUSTRALIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.