3 Rumus Dasar Excel yang wajib diketahui!

Hallo Sahabat Nadi, perkembangan teknologi akan membantumu lebih mudah melakukan segala sesuatu. Salah satunya dalam hal perhitungan. Jika dahulu kamu masih melakukan perhitungan secara manual, dewasa ini Ms Excel sudah menyediakan kemudahan untuk berhitung.
Tanpa perlu repot-repot menghitung secara manual, kamu bisa langsung menggunakan beberapa fungsi rumus dalam Ms Excel untuk memudahkanmu dalam berhitung atau bekerja menggunakan Ms Excel.
Berikut 3 Rumus dasar Ms Excel yang wajib kamu ketahui:
1. Fungsi SUM
Fungsi ini digunakan untuk melakukan penjumlahan atau penambahan. Misalnya: 4 + 5 atau ketika kamu ingin menjumlahkan 1.289 + 7.900. Ketika penjumlahannya masih antara dua kelompok angka, tentu mudah bagimu untuk menjumlahkan secara manual namun ketika sudah harus menjumlahkan ratusan bahkan ribuan kelompok data, maka cara yang cepat dan mudah adalah dengan menggunakan fungsi SUM dalam Ms Excel. Caranya gampang,kamu bisa langsung mengikuti rumus di bawah ini :
= SUM ( Blok data yang ingin dijumlahkan Enter
Dengan melakukan step di atas maka datamu dengan sendirinya akan terjumlah dan tentu dengan hasil yang akurat juga.
2. Fungsi COUNT
Digunakan untuk membantumu mengetahui berapa banyak data yang kamu miliki. Misalnya kamu sedang berhadapan dengan jejeran data nama murid yang sangat panjang di worksheetmu, namun kamu tidak tahu berapa banyak jumlah murid yang ada di dalam data tersebut. Tanpa perlu menghitung satu per satu secara manual, kamu bisa langsung menjalankan rumus berikut:
=COUNT ( Blok Datanya Enter
Ketika kamu menyelesaikan rumus ini, maka dengan sendirinya akan muncul jumlah data yang kamu miliki. Mudah dan kamu tidak perlu membuang-buang waktu.
3. Fungsi AVERAGE
Berguna ketika kamu ingin mengetahui rata-rata. Sebagai contoh ketika kamu ingin mengetahui rata-rata nilai di dalam suatu kelas. Setelah kamu memiliki sekumpulan data yang sudah ada di tabel, maka langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengetahui rata-rata nilai kelas adalah dengan menjalankan rumus:
=AVERAGE ( Blok datanya Enter
Mudah bukan? Jangan khawatir, hasil perhitungannya tidak akan keliru
Okay Sahabat Nadi, itulah 3 rumus dasar Excel yang wajib kamu ketahui. Selain hemat waktu dan mudah, kamu juga akan mendapatkan hasil yang akurat. Selamat mencoba!

Penulis: Beatrix Yunarti Manehat, MSA
Editor : Nadi

Previous post MnB Talk Bersama Selus Fahik : Strategi Terampil dan Berani Berbahasa Inggris
Next post Stop Baperin Orang Kalau Ujungnya Pengen Ngilang!

Tinggalkan Balasan

Social profiles