Manfaat Sabun Cair dari Bahan Alami bagi Masyarakat Desa Lorotolus-Wewiku-Malaka

Usul Saran

Perencanaan yang baik diperlukan dalam setiap pelaksanaan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah desa bersama-sama dengan para pemangku kepentingan. Perencanaan ini meliputi perencanaan jangka panjang, menengah, maupun pendek sangat diperlukan agar pembangunan dapat berjalan pada jalur yang tepat. Dalam rangka merealisasikan perencanan ini perlu ada kerja sama yang baik dari seluruh perangkat desa mulai dari tingkat bawah seperti RT,RW,Kepala Dusun hingga kepala bidang dalam pemerintahan desa. Di sini perlu dilibatkan partisipasi aktif dari masyarakat.

Hal yang penting dalam pembangunan adalah perlunya partisipsi aktif dri masyarakat akar rumput. Partisipasi aktif bisa melalui sumbangan kesehatan. Penerapan kesehatan bisa dilakukan oleh aparat desa dan juga masyarakat di dalam Desa itu sendiri. Dalam pengertian yang lebih luas, partisipasi dapat diartikan sebagai bentuk peran peserta atau keikutsertaaan secara aktif atau proaktif dalam suatu kegiatan. Misalnya dalam kegiatan kebersihan Desa,perlu diadakan selama seminggu sekali, membiasakn warga cuci tangan sebelum bertamu,atau berkunjung ke tetangga.

Satu usulan lagi agar warga Desa Lorotolus, bisa berpartisipasi agar ada interaksi yang lebih baik antara pemerintah desa dan masyarakat desa sehingga kesepakataan-kesepakataan dan tindakan yang bersifat inovatif lebih mngkin tercipta dalam proses deliberatif, dimana ruang untuk mendengarkan, belajar, refleksi dan mulai suatu aksi bersama.

Destinasi Wisata NTT yang Patut Anda Kunjungi Previous post 6 Destinasi Wisata NTT Membuat Liburanmu Makin Berwarna
Realitas Masalah Lingkungan NTT Next post Provinsi NTT: Bersolek Pada Hutan Terbakar dan Berkaca Pada Sampah

One thought on “Manfaat Sabun Cair dari Bahan Alami bagi Masyarakat Desa Lorotolus-Wewiku-Malaka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.