Manfaat Sabun Cair dari Bahan Alami bagi Masyarakat Desa Lorotolus-Wewiku-Malaka

PENDAHULUAN

Kebersihan merupakan hal yang sangat urgen karena semakin banyaknya penyakit yang muncul terutama covid 19 yang salah satu penyebab karena kotoran kecil yang memunculkan bakteri. Sabun merupakan salah satu sarana untuk membersihkan diri dari kotoran, kuman,bakteri, dan hal-hal lain yang membuat tubuh dan tangan menjadi kotor. Di zaman pandemi ini sabun cair sangat bermanfaat bagi orang untuk mencuci dan membersihkan tangan. Hal ini bahkan menjadi tren dan kebiasaan baru di zaman pandemi ini mulai dari kampung-kampung kota hingga dunia internasional

Tulisan ini merupakan hasil rangkuman KKN bersama ponakan saya selama kurang lebih 1 bulan, di Desa Lorotolus,RT/RW 07/09 Kecamaatan Wewiku, Kabupaten Malaka. Hasil sharing dari ponakan di salah satu kampus swasta di Kupang sungguh dirasakan manfaat baik bagi mahasiswa maupun masyrakat biasa. Saya berpikir bahwa ada baiknya tulisan dibagikan bagi khalayak umum. Tulisan ini lebih fokus pada cara membuat sabun dari bahan mentah,metode,bahan-bahan yang digunakan serta manfaat bagi masyarakat.

Bahan dasar yang saya gunakan yakni, jeruk nipis dan daun pandan. Selain itu ada juga minyak dan jenis-jenis lemak yang digunakan. Namun lemak yang banyak bisa mempengaruhi busa yang dihasilkan. Selain itu bisa mempengaruhi kulit pengguna, untuk itu dalam pembuatan perlu dipilih jenis minyak dan lemak yang sesuai dengan penggunaan sabun cair. Tingginya aktivitas masyarakat maka di masa pandemi Covid-19 ini orang lebih membutuhkan cara-cara praktis salah satu solusi yakni sabun cair. Dengan sabun cair orang bisa membawa ke mana saja pergi. Oleh karena itu Praktik membuat sabun cair di era Pandemi ini sangat bermanfaat.

Destinasi Wisata NTT yang Patut Anda Kunjungi Previous post 6 Destinasi Wisata NTT Membuat Liburanmu Makin Berwarna
Realitas Masalah Lingkungan NTT Next post Provinsi NTT: Bersolek Pada Hutan Terbakar dan Berkaca Pada Sampah

One thought on “Manfaat Sabun Cair dari Bahan Alami bagi Masyarakat Desa Lorotolus-Wewiku-Malaka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.