KASIH DIPERJUANGKAN DALAM KOMUNITAS

Apa itu komunitas?

Komunitas merupakan kumpulan antara beberapa individu dalam sebuah kelompok demi menggapai sebuah tujuan tertentu. Relasi antar setiap individu dalam sebuah komunitas menentukan kualitas komunitas dimana setiap individu itu berada. Keberadaan dan karakter setiap individu pula menentukan hasil dari setiap tujuan yang ingin digapai oleh komunitas tersebut. Oleh karena itu, tampang sebuah komunitas yang baik menunjukkan karakter dan kepribadian setiap individu yang baik pula.

Selain itu pula, komunitas dapat diartikan oleh setiap individu menurut perspektif masing-masing. Menurut McMillan dan Chavis (1986) mengatakan bahwa komunitas merupakan kumpulan dari para anggotanya yang memiliki rasa saling memiliki, terikat diantara satu dan lainnya dan percaya bahwa kebutuhan para anggota akan terpenuhi selama para anggota berkomitmen untuk terus bersama-sama. Pernyataan McMillan dan Chavis mengenai komunitas yang memiliki rasa saling memiliki dan terikat diantara satu dan lain yang saling percaya telah dihidupi oleh komunitas Tritunggal Mahakudus. Keterikatan antara satu dan lain dan saling percaya dalam komunitas Tritunggal Mahakudus tampak dalam  relasi antara pribadi Bapa, Putera, dan Roh Kudus yang memiliki peran masing-masing dalam karya penyelamatan manusia.

Selain itu juga, hidup komunitas yang dikatakan oleh McMillan dan Chavis bahwa para anggotanya yang memiliki rasa saling memiliki, terikat diantara satu dan lainnya dan percaya bahwa kebutuhan para anggota akan terpenuhi selama para anggota berkomitmen untuk terus bersama-sama dapat ditunjukan oleh komunitas jemaat perdana sebagaimana yang  diungkapkan dalam kisah para rasul bahwa semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama, dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing (bdk. Kis, 2:44-45). Inti dari pernyataan ini bahwa mereka yang berkumpul bersama memiliki rasa saling memiliki dan percaya untuk memperjuangkan sesuatu yang diprioritaskan bersama-sama.

Previous post Cinta dan Toleransi Pandangan Mahatma Gandhi dan Relevansinya Membangun Kesatuan NKRI
Next post Kasus Covid Bertambah, Kementerian Kesehatan Tetapkan 3 Rumah Sakit Khusus Pasien Covid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.