Jangan Mengemis Kesetiaan, Biarkan Dia Setia Jika Ia Ingin Setia!

Kesetiaan merupakan salah satu kunci utama dalam membangun hubungan. Dengan setia, hubungan yang dimiliki terasa lebih sakral dan mengikat. Namun, dewasa ini dengan adanya percepatan media sosial, kesetiaan diuji kekuatannya. Zaman dahulu jika seorang ingin berselingkuh, ia masih menemukan beberapa kendala misalnya; belum melihat wajah orang yang ingin dijadikan target dan kesusahan mendapatkan akses untuk saling menghubungi. Kendala itu, saat ini dihapuskan oleh media sosial. Jika seseorang berniat selingkuh, ia hanya perlu memastikan kemolekan wajah sang target dengan melihat fotonya di profil media sosial. Ia hanya membutuhkan waktu kurang dari satu hari untuk berselancar di beranda sosial media sang target, lalu kemudian melancarkan aksi. Kenyataan ini menjadikan sosial media menumbuhsuburkan praktek perselingkuhan dan membuat kesetiaan semakin mahal harganya bagi sebagian orang.

Jika kemudian perselingkuhan yang difasilitasi oleh kemudahan akses media sosial menimpamu, tentu sebagai pasangannya kamu akan bermandikan percikan api amarah dan kesedihan. Menangkap basah perselingkuhan dalam hubungan tentu akan membuatmu berurai air mata. Satu saja pesan teks yang berbau perselingkuhan jelas akan memporak-porandakan kebahagiaan dalam beberapa bulan. Emosi memuncak, kamu marah dan bahkan memaki-maki untuk meminta pasanganmu setia. Dengan lantang, kamu memaksanya untuk tetap tinggal di sisimu. Cinta dalam hatimu kepadanya yang tak kunjung padam, membuatmu mengemis kesetiaan dalam luka mendalammu.

Namun, tahukah kamu jika kamu memaksanya untuk setia maka kesetiaan itu tidak akan bertahan lama. Niat dalam hatinya untuk terus berselingkuh yang masih membara, akan membuat ia haus untuk terus berselingkuh. Jika kesetiaannya hanya diakibatkan oleh paksaanmu, percayalah suatu waktu nanti ia akan kembali ke alamnya sebagai orang yang suka berselingkuh. Mengapa demikian? Karena kesadaran untuk menghargai hubungan hingga keinginan untuk setia dalam hubungan tidak muncul dari dirinya sendiri. Istilahnya, ia tidak ingin namun hanya melakukan karena dipaksakan. Ketika kesadaran itu tidak murni datang dari pasanganmu maka akan sulit untuk membuatnya benar-benar setia.

Biarkan ia menemukan kesadaran untuk setia dalam hubungan karena keinginannya sendiri. Jika kamu ingin membantunya menemukan kesadaran, salah satu caranya adalah dengan berusaha menjadi pasangan yang baik. Kamu menjadi pasangan yang mau mengerti, mau menghargai, pasangan lebih peduli, penuh cinta dan lebih apa adanya. Komunikasi dalam hubungan juga penting untuk menyamakan ritme kedua insan agar nyaman dalam menjalankan hubungan. Dengan memperbaiki diri dalam membina hubungan, pasanganmu mungkin akan menemukan kenyamanan dan kebahagiaan sehingga tidak berniat selingkuh.

Langkahmu untuk menjadi pasangan yang baik dalam hubungan bisa menggugah kesadarannya untuk setia. Istilahnya kamu berusaha membantunya menemukan kesadaran dalam dirinya. Sikapmu membuat ia berpikir seratus hingga seribu kali lipat ketika ingin berselingkuh. Ia berujung menghargai hubungan yang telah kalian bina karena kesadaran yang muncul dari dalam dirinya sendiri. Memperbaiki dirimu dalam hubungan adalah salah satu cara untuk membangun kesadaran pasangan.

Jika kamu sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membantu menumbuhkan kesadaran setia dalam hubungan namun pasanganmu malah tak menemukan kesadaran itu, maka jangan mengemis kesetiaannya. Biarkan ia setia hanya jika ia memang ingin setia. Biarkan ia setia karena ia menemukan komitmen dan alasan untuk setia. Sekali lagi, jangan coba-coba untuk mengemis kesetiaannya. Kamu hanya perlu sekali dengan tegas memberitahukannya untuk setia. Selanjutnya, jika peringatanmu tak digubris olehnya kamu bisa mengambil sikap lain untuk kebaikan dirimu dan hubungannmu ke depannya.

Penulis: Beatrix Yunarti Manehat, MSA.
Editor  : Nadi

Previous post Jadilah Berkelas Dengan Berani Mengapresiasi Karya Orang Lain!!!
Next post Belajar Bersyukur, Minimalisir Pengeluhan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.