Integrasi Demi Pertumbuhan Bangsa Indonesia

Kesatuan itu perlahan memudar. Bangsa yang dalam era globalisasi saat ini mengalami kemunduran dengan berbagai sarana dan prasarana yang ada. Mentalitas setiap orang di zaman sekarang ini lebih kepada yang instan-instan saja. Alhasil, sesama yang berada disekitar diabaikan. Sadar atau tidak sadar perilaku yang demikian dapat memecahkan integrasi bangsa Indonesia itu sendiri. Hal ini tentu tidak harus dibiarkan begitu saja, sebab dari kesatuan dengan orang lain ada sesuatu yang mengingingatkan kita akan arti dari persatuan.

Ketika kita melihat masalah-masalah apa saja yang sedang menimpa bangsa Indonesia saat ini, selain covid-19 yang mengancam, rupanya krisis ekonomi masih belum sepenuhnya diatasi. Krisis ekonomi yang melanda Indonesia masih saja mencuat, berhasil memberi keresahan bagi setiap warga masyarakat di tengah pandemi covid-19. Tentu ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Kita butuh reformasi dan integrasi dalam melihat persoalan ini. Sebuah reformasi yang terarah dan jelas, dapat membantu dan memberikan dampak yang baik bagi bangsa. Ketika reformasi itu telah berjalan, maka hal selanjutnya ialah berusaha membangun integrasi bangsa menuju pertumbuhan bangsa yang lebih baik.

Negara Indonesia pada tahun ini merayakan HUT Kemerdekaan yang ke-76 dengan tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Ini adalah tema yang diusungkan berdasarkan hasil pengamatan terhadap perjuangan bangsa Indonesia di tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, tema ini pun berisikan pesan optimisme sebagaimana yang kita ketahui bahwa Indonesia berhasil menghadapi berbagai krisis hingga datang krisis baru yaitu covid-19. Oleh karena itu, integrasi bangsa hendaknya diatur dengan baik oleh pemerintah bersama masyarakat, sehingga dengan adanya kesatuan dapat mendorong kita dengan semangat patriot dalam membela dan mempertahankan negara Indonesia. Semangat patriot kita tidak hanya ketika adanya peperangan, melainkan bersatu memerangi setiap krisis yang menyerang bangsa ini demi pertumbuhan bangsa kita.

Previous post Membangun toko online secara gratis tanpa biaya
Next post Harapan Di Balik HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.