Integrasi Demi Pertumbuhan Bangsa Indonesia

Indonesia merupakan negara yang memiliki begitu banyak keanekaragaman baik itu agama, budaya, suku dan ras yang berbeda-beda. Perbedaan ini acapkali dijadikan sebagai alasan untuk membentuk satu kelompok baru dengan memiliki tujuan tertentu yang menjadi fokus dan misi dalam kelompok tersebut. Adanya perbedaan dan pembentukan satu kelompok berdasarkan budaya, ras dan sebagainya, tentunya akan menjadi suatu kejanggalan dan perpecahan dalam hidup bernegara. Selain itu, tujuan negara dalam menciptakan kesejahteraan bersama dengan berbagai upaya tidak akan tercapai ketika belum adanya persatuan diantara masyarakat.

Sebagai negara kesatuan, Indonesia memiliki tujuan utama yakni berusaha menyatukan berbagai perbedaan untuk membentuk kesatuan didalamnya. Dengan berlandaskan pada semboyan negara “Bhinneka Tunggal Ika” yang memiliki makna “Meskipun berbeda-beda tetapi pada hakekatnya bangsa Indonesia tetap satu kesatuan”. Tentu ini menyiratkan satu hal penting bahwa perbedaan agama, budaya, suku dan sebagainya, bukanlah menjadi alasan agar masyarakat hidup dalam perbedaan dan terpisah melainkan menerima perbedaan dan hidup dalam kesatuan sebagai keunikan dari bangsa.

Adapun faktor pendorong terciptanya integrasi nasional dalam membantu dan menjaga negara bersatu meskipun ada keragaman dan itu sudah dimulai sejak masa penjajahan. Penjajahan yang dialami, telah memancing setiap warga agar berjuang melawan kelompok penjajah dan hasil akhirnya Indonesia harus merdeka. Kemerdekaan itu berhasil diraih oleh karena adanya perasaan senasib-seperjuangan, dan rasa cinta akan tanah air untuk membentuk kesatuan sebagai warga negara tanpa memedulikan suku, agama, ras, dan golongan. Maka, dapat dikatakan bahwa sebelum Indonesia merdeka, integrasi dalam bangsa sebenarnya sudah ada dan telah dilaksanakan. Selain itu, integrasi tidak hanya ada oleh karena meraih kemerdekaan saja melainkan masih ada yang lain. Kegiatan gotong royong atau saling membantu merupakan ciri khas kepribadian bangsa Indonesia sejak dahulu hingga saat ini. 

Previous post Membangun toko online secara gratis tanpa biaya
Next post Harapan Di Balik HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.