4 Cara Bangkit Dari Keterpurukan

Hidup tidak selalu menyajikan kebahagiaan, tawa dan keberhasilan. Hidup juga menyajikan keterpurukan, kesedihan dan kegagalan. Di saat kebahagiaan dan keberhasilan menghampirimu, hidup seakan sudah sempurna. Senyum diumbar setiap saat, ketawa terjadi setiap waktu. Sebaliknya saat kegagalan menghampirimu, dunia seakan berakhir. Seluruh bumi seakan menghujatmu dan tak ada yang menerimamu di setiap waktu. Saat terpuruk inilah jika kamu tak mampu segera bangkit maka bisa jadi kamu akan kehilangan duniamu. Untuk membantu dirimu kembali bangkit lagi setelah terpuruk, berikut 4 caranya :

1. Ekspresikanlah Kesedihanmu akibat kegagalan: secukupnya
Di saat kamu jatuh dan tidak mampu meraih apa yang kamu impikan, rasa sedih seketika akan menghampirimu. Ini wajar mengingat kamu sudah melakukan banyak hal, sudah mengusahakan dengan baik segala faktor hingga menghabiskan banyak waktu dan energi untuk mendapatkannya. Tentu rasa sedih dan sakit hati akan jadi obat termanjur untuk mengekspresikan kegagalanmu. Menangislah jika kamu memang harus menangis. Berteriaklah jika kamu memang harus berteriak. Jika dengan makan banyak kamu merasa lebih ringan bebanmu, lakukanlah. Apapun yang bisa membuatmu mampu mengekspresikan kesedihan dirimu dalam batas normal maka lakukanlah. Biarkan dirimu mampu melepaskan semua bebanmu. Namun, di balik itu semua kamu harus melakukannya secukupnya saja jangan berlebihan. Menangislah secukupnya, berteriaklah secukupnya, makan banyaklah secukupnya hingga kamu merasa lega. Jangan sampai berlebihan menanggapi kegagalanmu karena bukan hanya kamu satu-satunya orang yang gagal di dunia ini. Semua orang sedang berproses dalam hidupnya. Jika berlebihan menanggapinya maka keterpurukanmu akan semakin dalam dan tentu akan mencelakakanmu.

2. Ubah Pola Pikirmu
Jika dengan gagal kamu merasa kamu adalah orang yang paling sial, maka setelah mengekspresikan kesedihanmu kamu harus melanjutkannya dengan merubah pola pikirmu. Maksimalkan pikiranmu untuk mencari sisi positif dari kegagagalanmu. Arahkan pikiranmu ke arah positif. Ini memang susah di saat kamu gagal tapi kontrollah dirimu dan belajarlah mengarahkan pikiranmu dengan baik. Misalnya pikirkan jika dengan kegagalanmu ternyata kamu diajarkan untuk berusaha lebih giat lagi. Dengan kegagalanmu ternyata kamu diminta untuk menjadi pribadi yang lebih sabar. Kegagalan ini memberikanmu pelajaran untuk bisa lebih tulus dan dekat kepada Tuhan. Gagal saat ini akan membuatmu lebih sukses di kemudian hari jika kamu memperbaiki beberapa kekuranganmu saat ini. Dengan merubah pola pikirmu, maka kamu akan menemukan sisi positif sebagai alat yang membantumu bangkit dan berusaha lebih baik untuk sukses ke depannya. Ingat, kebahagiaanmu hingga caramu bangkit dari keterpurukan semua tergantung dari pola pikirmu. Jika berpikir mampu bangkit, maka kamu akan mampu bangkit sebaliknya jika berpikir gagal maka kamu akan gagal selamanya. Mari ubah pola pikirmu.

Previous post Kerjasama IKABE Malang, IKABE Jogja dan Komunitas Buku Bagi NTT Regio Malang Kirim Buku Ke Rumah Baca Desa Renrua.
Next post Dan Malampun Tiba

Tinggalkan Balasan

Social profiles