Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, NTT, kembali mengalami erupsi, Jumat (27/11/2020) pagi.

Menurut salah seorang netizen dari lokasi ketika dihubungi tim Nadi informasi mengungkapkan jika saat saat ini gunung tersebut sedang mengeluarkan asap hitam serta bau belerang yang sudah tercium warga setempat.

“Sekitar jam 10 pagi gunung ini mengeluarkan banyak asap, dan bau belerang yang lumayan tajam” ungkap Anna Angelina ketika dihubungi tim Nadi informasi via WA.

Sementara itu dilansir dari kompas.com Kepala Pos Pengamatan Gunung Ile Lewotolok, Stanislaus Arakian, menuturkan, status gunung itu masih tetap di level waspada.

Belum adanya peningkatan yang lebih tinggi. Saat ini, masih proses pengamatan baik seismik ataupun visual dan data pendukung lainnya.

“Menurut data seismik yang diterima, erupsi Gunung Ile Lewotolok yang terjadi sejak pukul 05.57 WITA tersebut disertai gempa vulkanik dalam dan tremor menerus,” kata Stanislaus dikutip dari kompas.com

Pihaknya mengimbau masyarakat sekitar dan pengunjung atau pendaki atau wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian, dan tidak beraktivitas dalam zona perkiraan bahaya dalam radius 2 kilometer dari puncak atau pusat aktivitas Gunung Ile Lewotolok.

Penulis : Barros
Editor : Nadi

Previous post GERAKAN KUPANG PEDULI MELAWAN STUNTING DI KOTA KUPANG.
Next post PAHLAWAN YANG DILUPAKAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.