GEOSTRATEGI MENGATASI PROBLEMATIKA EKONOMI INDONESIA DI BALIK PANDEMI COVID-19

Geostrategi merupakan sebuah metode atau aturan-aturan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan melalui proses pembangunan yang memberikan arahan tentang bagaimana membuat strategi pembangunan dan keputusan yang terukur dan terimajinasi guna mewujudkan masa depan yang lebih baik, lebih aman, dan bermartabat (Prof. Dr. H. Kaelan, M.S dan Drs. H. Achmad Zubaidi, M.Si, 2007,143). Berlandaskan pernyataan di atas maka, fungsi dari geostrategi sangat penting bagi setiap kelompok, organisasi, instansi maupun negara dalam mengatasi sebuah persoalan yang terjadi.

Pada prinsipnya bangsa Indonesia mengartikan geostrategi sebagai metode untuk mewujudkan cita-cita proklamasi, sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Bunyi Pembukaan UUD 1945 yang menyatakan bahwa adanya cita-cita untuk mewujudkan proklamasi terdapat pada penjelasan setelah alinea III yang berbunyi demikian,…” Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum mencerdaskan kehidupan bangsa…”. Dari pernyataan ini bangsa Indonesia dapat merealisasikannya dalam kehidupan praktis sehari-hari.

Adapun tujuan praktis dari geostrategi bangsa Indonesia untuk mengatasi berbagai persoalan yang terjadi di negara. Persoalan-persoalan praktis tersebut seperti persoalan dalam aspek politik, aspek sosial, aspek budaya, aspek ekonomi dan lain sebagainya. Persoalan dari berbagai aspek ini dapat diatasi dengan strategi dan cara masing-masing namun memiliki satu tujuan yang sama yakni untuk mencapai dan mewujudkan masa depan yang lebih baik, lebih aman, dan bermartabat.

Previous post Ini Tentang Senja
Next post Apakah Sekolah Boleh Memberlakukan Pembelajaran Secara Tatap Muka di tengah Pandemi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.