Fakta Menarik Benteng 7 lapis Kabupaten Belu Kota Atambua

Benteng Tujuh Lapis Atambua

Fakta menarik Benteng Tujuh Lapis kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur NTT. Benteng tujuh lapis terletak tepatnya di atas bukit Desa Dirun Kecamatan Lamaknen Kabupaten Belu. 

Berdasarkan namanya tujuh Lapis karena memiliki tujuh lapisan pintu masuk. Dalam bahasa Tetum masyarakat lokal menyebutnya dengan Benteng Ranu Hitu.

Berdasarkan sejarah masyarakat setempat benteng ini dibangun jauh sebelum penjajahan Portugis.  Fungsi benteng ini sebagai bentuk pertahanan utama kerajaan ketika terjadi perang antar suku.

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata NTT Membuat Liburanmu Makin Berwarna

Benteng Tujuh Lapis mengalami perpindahan tangan atau kekuasaan yakni terakhir kali tiga suku yang pernah menguasai benteng ini ataralan Suku Loos, Suku Sri Gatal dan Suku Monesogo. 

Bagian dalam benteng ini terdapat susunan bangku yang terbuat dari batu, sementara tempat duduk milik raja memiliki bentuk yang berbeda dari yang lainnya dan di belakang singgasana sang raja terdapat sebuah makam yang diyakini masyarakat lokal sebagai makan sang raja.

Selain itu, akses menuju lokasi benteng jika dari kota Atambua maka memerlukan waktu sekitar dua jam lebih dengan kondisi jalan yang masih penuh bebatuan. Meskipun demikian semua akan terbayar lunas dengan keindahan yang tentu membuat kagum setiap mata yang melihatnya.

Adapun fakta menarik lainnya yakni terdapat Meriam peninggalan penjajah. Peninggalan tersebut menandakan bahwa tempat ini juga pernah berpindah tangan ke penjajah Portugis pada masa penjajahannya.

Baca Juga: Provinsi NTT: Bersolek Pada Hutan Terbakar dan Berkaca Pada Sampah

Tidak hanya memiliki Benteng Tujuh Lapis tetapi, atambua juga memiliki beberapa destinasi wisata lainnya seperti Teluk Gurita, Pantai Pasir Putih, Kolam Susuk dan Beberapa destinasi lainnya yang tertentu bahwa semua itu tidak kalah menarik, dan dapat membayar lunas setiap penat para wisatawan.

Hampir semua destinasi yang ada di Atambua sebagian besar memiliki akses yang sangat baik dengan jarak tempuh yang mudah. Bahkan wisatawan bisa mampir sebentar melihat garis batas antara negara tetangga Timor Leste dan Indonesia.

Baca Juga: Bahaya Membuang Sampah Sembarangan 

Penulis: Admin

Edit: Nadi

Previous post Polisi ungkap Artis Inisial RN yang ditangkap terkait narkoba adalah Rizky Nazar.
Literasi Pendidikan NTT Next post Sahabat Penggerak Literasi-NTT Bisa NTT Bangkit

2 thoughts on “Fakta Menarik Benteng 7 lapis Kabupaten Belu Kota Atambua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.