ESENSI AMRKETING: LEBIH DARI SEKADAR IKLAN

(Bradley J. Sugars)

Brad Sugars adalah pendiri dan CEO dari action COACH, yaitu suatu perusahaan terkemuka yang bergerak dalam usaha pelatihan kepada manajer dan tenaga marketing kelas dunia dengan tujuan meningkatkan hasil penjualan mereka. Brad Sugars telah menulis 14 buku dan ratusan scikel yang tersebar di berbagai media, baik cetak maupun online. Dalam buku dan artikel tersebut, Sugars membagi gagasan atau ide yang mengantar dirinya menjadi seorang tenaga trainer terkemuka di dunia yang meraih sukses secara cepat. Setiap buku yang dia tulis, dirancang untuk bisa dibaca dalam sehari. Dapun buku-buku tersebut diantaranya: Instant Advertising, Instant Leads, Instant Profit, Instant Promotions, Instant Referrals, Instant Repeat Business, Instant Sales, Instant System, dan Instant  Building.

Setiap buku menyajikan strategi yang praktis dan mudah untuk mencapai sukses. Misalnya buku instant Cash Flow, memuat 282 strategi marketing dan sales guna mendapat uang. Di sampul bagian belakang dari instant advertising, Brad Sugars berjanji mengajarkan para pembaca bagaimana mendapatkan miliaran dollar dengan menggunakan strategi marketing dan sales yang tepat.

Buku lain Brad Sugars adalah Successful Franchising, The Business Coach, dan Billionaire in Training. Buku Successful Franchising mengajarkan kita bagaimana menjadi pemilik usaha waralaba, bagaimana membeli dan menjual perusahaan serta bagaimana merancang sebuah perusahaan pribadi secara modern.

ESENSI MARKETING: :LEBIH DARI SEKADAR IKLAN

Sebuah perusahaan yang memproduksi sebuah produk yang khas, tidak akan mendapatkan perhatian publik jika tidak dipasarkan dengan cara yang benar. Dengan mengetahui bahwa para pemilik bisnis tidak dengan sendirinya seorang marketing, Brad  Sugars telah menulis banyak artikel yang sangat membantu orang tentang marketing. Brad memberikan beberapa nasehat kepada para pemilik bisnis. Berikut ini merupakan tiga nasihat Brad dalam bidang marketing:

Pertama, rencana marketing harus mempunyai target. Orang yang mengatakan bahwa target penjualannya adalah semua orang. Adalah semua pernyataan yang terlalu umum. Ia menyamakan hal tersebut dengan orang yang hendak pergi ke toko barang makanan dan membeli semua barang.

Kedua. Brad Sugars mengingkatkan kita bahwa bisnis adalah tentang angka dan rencana marketing pun demikian. Sebuah iklan yang dirancang dengan kreativitas tinggi mungkin kelihatan menarik dan baik di layar TV atau media online, namun jika pesan yang hendak disampaiakan tidak jelas dan merek yang hendak dipasarkan tidak direpresentasikan secara seimbang maka iklan tersebut tidak lebih dari sekedar hiburan dan tidak meningkatkan produksi.

Ketiga, jangan mencampur-adukkan antara marketing dan Iklan. Iklan adalah bagian dari rencana marketing. Bagaimana resepsionis anda menjawab telepon adalah bagian dari marketing. Marketing dimulai sebelum pintu bisnis anda dibuka. Saran-saran Brad tentang marketing dapat dibaca dalam buka Instant adversting.

Kutipan dari Buku Startegi Brilian 101 Tokoh Marketing Dunia (2010)

Penulis *Melki*

Editor *Beatrix Yunarti*

Previous post Memberdayakan Generasi Muda Lewat Sanggar Seni sebagai Upaya Pelestarian Terhadap Budaya Warisan Leluhur.
Next post Self Healing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.