Cara Menjaga Kesehatan Otak

Pada umumnya ketika mendengar kata olahraga maka yang muncul pertama di benak banyak orang adalah otot dan kesehatan jantung. Namun tahukah anda jika olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari yang anda ketahui hingga yang tidak diketahu. Jika sebelumnya anda sering menghubungkan olahraga dengan otot, jantung, dan berat badan, maka kali ini kita akan mengulas satu penelitian menarik bagaimana cara menjaga kesehatan otak secara gratis tanpa biaya.

Menurut seorang ahli Profesor Ilmu Saraf dan Psikologi di Pusat Ilmu Saraf Universitas New York, Wendi Suzuki. Segala macam bentuk aktivitas manusia memiliki manfaat positif secara langsung terhadap otak, terutama dua bagian yakni korteks prefrontal, tepat berada di belakang dahi dan memilik peran penting membantu sesorang dalam mengambil  keputusan, fokus, perhatian, dan kepribadian.  Kemudian yang kedua terletak di lobus temporal dimana bagian ini memiliki dua lobus yakni kiri dan kanan. Jauh di lobus temporal  adalah struktur penting yang berfungsi mempertahankan ingatan jangka panjang seseorang terhap sebuah peristiwa atau kejadian yang disebut sebagai hippocamppus, jelas Wendi dikutip dari ted.com pada minggu 5/09/2021 WIB.

“Jadi saya selalu terpesona dengan hipocampus. Bagaimana mungkin peristiwa itu hanya berlangsung sesaat, katakanlah, ciuman pertama Anda,  atau saat anak pertama Anda lahir,  dapat membentuk memori yang telah mengubah otak Anda,  yang berlangsung seumur hidup?  Itulah yang ingin saya pahami.  Saya ingin memulai dan merekam aktivitas sel-sel otak individu  di hipokampus  saat subjek membentuk ingatan baru.  Dan pada dasarnya mencoba dan memecahkan kode bagaimana ledakan singkat aktivitas listrik itu,  bagaimana neuron berkomunikasi satu sama lain,  bagaimana ledakan singkat itu memungkinkan kita untuk membentuk memori baru, atau tidak, tutur Wendi.

Setelah beberapa tahun memutuskan untuk fokus meneliti ketertarikannya terhadap cara kerja sel-sel otak tersebut, Wendi menemukan jawaban atas rasa penasarannya yakni, bahwa olahraga adalah hal paling paling transformatif yang  dapat dilakukan setiap orang guna kesehatan otak.

Wendi juga menemukan beberapa hal mendasar dari penelitiannya bahwa setiap gerakan yang dilakukan sesorang memiliki efek langsung pada otak dimana satu latihan yang dilakukan  akan segera meningkatkan kadar neurotransmiter  seperti dopamin, serotonin, dan noradrenalin. Satu latihan  dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengalihkan dan memusatkan perhatian,  dan peningkatan fokus itu akan berlangsung setidaknya selama dua jam.  

temuan paling umum dalam studi ilmu saraf,  melihat efek dari latihan jangka panjang,  adalah peningkatan fungsi perhatian tergantung pada korteks prefrontal seseorang yang tidak hanya mendapatkan fokus dan perhatian yang lebih baik,  tetapi volume hipokampus juga meningkat.  Dan akhirnya tidak hanya mendapatkan efek langsung dari suasana hati dengan olahraga  tetapi juga  efek itu bertahan lama dan membantu seseorang mendapatkan peningkatan jangka panjang dalam neurotransmiter suasana hati yang baik itu. 

Selain itu, hal paling transformatif yang akan didapat dari olahraga  adalah efek perlindungannya pada otak seseorang.  Di sini kita dapat berpikir tentang otak seperti otot.  Semakin banyak berolahraga,  semakin besar dan kuat hipokampus dan korteks prefrontal seseorang.  Mengapa itu penting?  Karena korteks prefrontal dan hipokampus  adalah dua area yang paling rentan terhadap penyakit neurodegeneratif  dan penurunan kognitif normal pada penuaan.  

Meskipun peningkatan olahraga sepanjang hidup  tidak akan menyembuhkan demensia atau penyakit Alzheimer, tetapi apa yang dilakukan akan menciptakan  hipokampus dan korteks prefrontal yang paling kuat sehingga  butuh waktu lebih lama untuk penyakit ini benar-benar memiliki efek.  

Menurut wendi untuk mendapatkan hal tersebut, tidak harus ke tempat gym atau menjadi atlet tetapi setidaknya mulai 3-4 kali seminggu minimal 30 menit berolahraga.

Penulis: Nadi

Editor: Nadi

Artikel ini dikutip dari sebuah tayangan dari situs ted.com

Amunisi terbaru Arsenal Previous post Amunisi terbaru Arsenal
Next post Harga terbaru bahan bakar di NTT sesuai Perpres terbaru nomor 69

4 thoughts on “Cara Menjaga Kesehatan Otak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.