Berhenti Scroll Medsos Kalian Tanpa Tujuan yang Jelas

Perubahan zaman membawa kita pada perkembangan teknologi yang makin canggih sehingga memudahkan kita mengakses berbagai hal dengan mudah dan cepat. Kehadiran gadget yang dulu hanya bisa dipakai untuk mengirim pesan kini dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi media sosial (medsos) yang membuat penggunanya eksis di dunia maya. Media sosial seperti Facebook (FB), Instagram (IG), WhatsApp (WA), Youtube, Twitter, Tik Tok dan masih banyak lagi membuat kita Mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain seperti teman, saudara ataupun kenalan baru. Platform-platform ini digunakan sebagai wadah untuk menjalin dan menjaga silaturahmi, Memperbanyak relasi.

Saat ini banyak orang yang memanfaatkan medsos sebagai sarana penghasil uang. Mereka yang berkecimpung di dunia bisnis saat ini sangat memerlukan media sosial untuk mengenalkan dan meningkatkan brand awaraness. Lain dari itu, media sosial juga digunakan sebagai sarana untuk mencari hiburan, tempat mencari dan mengupdate informasi, juga bisa menggali kreativitas kita misalnya dengan menulis artikel dan di publish lewat blog pribadi.

Berbagai macam manfaat yang ditawarkan oleh media sosial akhirnya membuat platform-platform ini diminati oleh semua kalangan bahkan anak SD sekalipun telah memiliki akun berbagai media sosial. Aktivitas dan rutinitas kita pun sering kita bagikan lewat postingan atau story’ media sosial untuk sekedar dipamerkan atau memang menyimpannya sebagai kenangan. Banyak kebiasaan baru mulai tercipta seiring berkembangnya media sosial.

Baca juga: SMK Negeri 5 Ende Mengadakan Praktek Kerja Industri

Meskipun demikian bahwa banyak manfaat,  tetapi banyak juga ratusan juta jiwa pengguna internet aktif masih menghabiskan waktu mereka sekedar scrol hal-hal tidak bermanfaat, kebiasaan ini bahkan hampir setiap hari tanpa menghasilkan sesuatu. Bangun pagi ngecek hp, cek sosial media, melihat aktivitas atau story yang dibagikan oleh user lain, melihat hal-hal yang membuat kita menghabiskan paket dan membuang waktu kita.

Emang banyak sih manfaat yang ditawarkan oleh media sosial tapi jarang kita menggunakannya dengan bijak atau tidak menghasilkan. Kadang terlalu sering membuka media sosial membuat kita menjadi stalker yang suka kepo dengan kegiatan dan urusan orang lain, bahkan ada yang menjadi pelaku kejahatan seperti membuli, menyebar berita hoax, menulis dan menyebarkan ujaran kebencian di media sosial, hingga pada menonton video-video terlarang.

Kejahatan seksual yang makin hari makin bertambah. Dalam catatan akhir tahun 2016 yang dilakukan oleh KPAI mencatat meningkatnya kejahatan berbasis siber (cyber crime) mencapai 414 kasus. KPAI juga menegaskan Ada potensi kerentanan anak-anak dalam mengakses internet tanpa pengawasan dari orangtua.

Baca juga: Membangun toko online secara gratis tanpa biaya

Nah, daripada kalian gunakan media sosial kalian umtuk suatu hal yang kurang bermanfaat dan merugikan diri sendiri, mending kalian coba deh gunakan media sosial sebagai sarana untuk menambah ilmu atau sarana untuk mendapat informasi yang berguna buat kalian. Aku bakal ngasih beberapa kegiatan yang bisa kalian lakukan dengan media sosial kalian nih sahabat. Apa aja?? Yuk baca selengkapnya.

Tutorial makeup (Instagram dan YouTube)

Nah, buat kalian para cewek aku mau rekomendasiin kegiatan yang satu ini. Nama-nama besar beauty influencer seperti Tasya Farasya (@tasyafarasya) Rachel Goddard (rachgoddard), nanda arsynta(@nandaarsynt), Tina kanna Mirdad (@tynakannamirdad),Marcella Febriane (@cinderella) dan masih banyak lagi beauty influencer lainnya yang sering membagikan Tutorial kecantikan dan makeup serta tips merawat wajah dan tubuh dengan berbagai cara unik lewat Instagram maupun YouTube mereka. Nah daripada ngabisin kuota cuman buat liat story’ temen mendingan nambah ilmu disini girls biar makin jago merias diri dan makin nambah ilmunya. Suatu saat mau ke kondangan udah nggak perlu repot minta didandanin sama orang kan. Atau bisa aja dengan ngasah kemampuan kalian bisa Jadi the next beauty influencer? Who knows?

Baca juga: Jenis Makanan dengan Karbohidrat Kompleks yang Dibutuhkan Tubuh

Mencari lowongan pekerjaan

Nah kalo kegiatan yang satu ini cocok banget aku rekomendasiin buat kalian para pencdari kerja, sama kayak aku ya.. hahahhahaha.. zaman sekarang mah nyari info lowongan kerja (loker) tuh udah gampang banget walaupun susah ya buat dapat kerjaannya. Kan semuanya harus dimulai dengan usaha dan niat buat dapat kerja. Daripada nonton yuotube, kepoin sosmed mantan, mending cari updaten loker. kalian bisa nih cek lewat intagram seperti @lokerkupangntt @lokerterkini @lokernas @lowongancpnsbumn dan masih banyak lagi yang pastinya udah kalian follow dan verivied. Atau kamu juga bisa langsung nyari di google, pokoknya Mbah google akan nampilin semua info loker terbaru sesuai yang kamu cari. Tapi, hati-hati ya sebelum masukin lamarannya pastiin lokernya benar bukan penipuan atau hoax.

Nyari info Beasiswa Buat kalian

Scholarship hunter,banyak banget nih yang bisa kalian coba seperti beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Australia Award Scholarship (AAS) Beasiswa Bidik Misi, dan masih banyak lagi. Kalian langsung aja cari digoogke, website resmi beasiwa tersebut ataupun sosial medianya. Jangan cuman rajin mantau story’ dan postingan gebetan, tapi harus rajin pantau juga info beasiswa agar nggak ketinggalan dan penuh dengan persiapan Mateng ya. Kejar dulu masa depan kamu, abis itu baru nih kejar si dia. hahahhaha

Nah itu dia beberapa kegiatan yang bisa kalian explore lewat media sosial kalian. Daripada ngabisin kuota buat hal-hal nggak jelas, mending dipakai buat hal yang berfaedah gini kan. Semoga bermanfaat ya sahabat️️.

Penulis: Kikaelisabeth
Editor: Nadi

 

Previous post SMK Negeri 5 Ende Mengadakan Praktek Kerja Industri
Next post Performa Arsenal Makin Membaik

2 thoughts on “Berhenti Scroll Medsos Kalian Tanpa Tujuan yang Jelas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.