Bagaimanakah “Cantik” Menurutmu ? Simak Ulasan Berikut

Cantik sesungguhnya tidak bisa diukur dari sudut manapun, “cantik” adalah kosep pandangan seseorang kepada orang lain sesuai standar yang diinginkan, “cantik” tidak memiliki satupun standar alat ukur yang pasti untuk mengukur sebuah kecantikan. Lalu apa sebenarnya “cantik” itu? Sehingga banyak di kalangan wanita yang selalu sibuk untuk tetap terlihat “cantik” oleh publik. Kata “cantik” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) lebih mengarah kepada kata sifat yang ditujukan kepada bentuk fisik seseorang perempuan. Yakni tentang bentuk dan rupah, wajah seorang perempuan yang indah untuk dilihat dengan mata.

Definisi ini tampaknya membuat ketidakpuasan diberbagai kalangan, terutama kalangan remaja khususnya kaum hawa yang sedang dalam proses mencari jati diri, dikutip dari Jakarta, KOMPAS.com pada mei 2017 Lembaga riset pemasaran Sigma Research melakukan sebuah riset dengan melibatkan 1200 responden, rata-rata dari responden mendefinisikan “cantik” dengan melihat pada tampilan fisik. Riset dilakukan dengan menggunakan tiga kategori penilaian untuk definisi kecantikan yakni, Beauty “ Penilaian yang tertuju pada fisik”, Brain penilaian yang berdasarkan pada kemampuan intelektual”, dan Behaviour Beauty, defenisi kecantikan berdasarkan pada perilaku.

Hasil riset menunjukan bahwa lebih dari 40% mendefenisikan “cantik” berdasarkan fisik, 14, 8% mendefenisikan “cantik” berdasarkan kepribadian, sedangkan berdasarkan perilaku hanya 9,5%, kemudian kemampuan intelektual mendapatkan poin 6,1% untuk definisi kecantikan.

Sementara itu dilansir dari CNN Indonesia tentang seorang akademisi asal Inggris, Doktor Chris Solomon dari University of Kent memutuskan untuk memecahkan apa arti sesungguhnya dari “keindahan yang ideal”. Ia ingin membuat sebuah panduan visual tentang laki-laki tertampan dan perempuan tercantik di dunia. Sayangnya Hasil penelitian Chris hanya cocok untuk mendefinisikan “cantik” menurut orang Inggris pada umumnya.

Chris Merancang 100 foto dengan wajah yang berbeda kemudian meminta responden untuk menilai foto tersebut, hasilnya untuk perempuan, rata-rata wajah yang dinilai ideal adalah Emma Stone atau Natalie Portman dengan alis tebal, wajah berbentuk hati dan bibir yang penuh. Chris mengatakan studi ini menunjukkan anggapan orang Inggris tentang lambang keindahan pada manusia. Tentu saja mereka memilih dua sampel tersebut yang memiliki tampilan ras Kaukasian atau berkulit putih. Hal ini terjadi karena survei dan profil dilakukan di Inggris, yang tidak memiliki ras atau etnis yang beragam dibandingkan dengan bagian lain dari dunia. Menurut Chris Sangat penting untuk dicatat bahwa ini adalah wajah ideal menurut orang-orang yang tinggal di Inggris, sehingga penelitian di Asia atau Afrika, misalnya, tidak diragukan lagi jika memiliki hasil yang berbeda.

Baca juga: https://nadiinformasi.com/6-destinasi-wisata-ntt-membuat-liburanmu-makin-berwarna/

Previous post Review The Old Man and The Sea Oleh Ernest Hamingway
Next post Manfaat Air Putih yang Harus Diketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.