4 CARA MEMAKSIMALKAN POTENSI DIRI

Sejatinya manusia merupakan makhluk istimewa ciptaan Tuhan karena dianugerahkan akal budi. Setiap manusia diberikan kemampuan, potensi dan talenta oleh Sang Pencipta untuk menjalani kehidupannya. Namun, terkadang kita kurang paham cara memaksimalkan potensi  yang dimiliki tersebut. Berikut 4 cara memaksimalkan kemampuan dirimu:

1. Belajar mengenal dan memahami diri

Siapakah aku? Pertanyaan reflektif ini tentu membutuhkan waktu seumur hidup untuk dijawab. Namun, perlahan-lahan dalam setiap harimu kamu tentu akan berhadapan dengan aktivitas dan dalam aktivitas serta keputusan menjalankan aktivitas itu kamu secara perlahan akan menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut. Dalam setiap aktivitas yang kamu lakukan kamu akan menemukan siapa dirimu. Misalnya kamu akan tahu bahwa kamu pribadi yang lebih suka menyanyi daripada membaca. Atau kamu pribadi yang lebih suka rapi dibanding berantakan. Apa kamu orang yang bertanggung jawab? Atau kamu tipe orang jujur? dan mungkin kamu orang yang disiplin. Nah dalam menjalan aktivitas kamu perlahan akan mengenal siapa dirimu dan memahaminya  dalam wujud nyata pikiran dan tindakanmu. Ini adalah langkah penting pertama yang harus kamu ketahui. Dengan pengenalan dan pemahaman diri kamu bisa mengetahui potensi apa saja yang kamu miliki, talenta apa saja yang sudah ada pada dirimu. Pengenalan dan pemahaman ini akan membantumu dalam langkah memaksimalkan potensi diri selanjutnya

2. Rajin mengembangkan kemampuan diri

Setelah kamu mengenal dan memahami dirimu melalui langkah pertama, selanjutnya kamu harus rajin mengembangkan diri. Rajin mengembangkan diri yang dimaksud adalah melibatkan dirimu dalam aktivitas yang membuat kemampuanmu berkembang. Sebagai contoh, misalnya kamu menyadari kamu memiliki kelebihan di bidang menyanyi. Maka kamu harus melibatkan dirimu secara aktif di kegiatan-kegiatan menyanyi, mengikui group paduan suara, menonton pertunjukan menyanyi dan sebagainya. Dengan rajin melibatkan dirimu dalam kegiatan ini maka kemampuanmu akan menjadi lebih baik.

3. Konsisten mengembangkan diri

Setelah melibatkan dirimu dalam kegiatan yang mengembangkan kelebihanmu, kamu perlu konsisten. Kamu tidak boleh hanya rajin mengikuti kegiatan-kegiatan itu satu, dua atau tiga kali. Namun kamu harus konsisten rajin mengembangkan kemampuanmu atau dengan kata lain terus-menerus mengikuti kegiatan tersebut. Dengan konsisten kamu akan lebih mampu mengetahui mana yang perlu kamu tambahkan, bagian mana yang harus kamu kurangkan dan bagian mana yang harus kamu stabilkan. Nah, ini penting mengingat semakin kita konsisten mengembangkan diri semakin banyak kita mengetahui.

4. Mau belajar, mendengarkan serta memberikan masukkan

Saat kamu melibatkan diri dalam kegiatan yang meningkatkan kemampuanmu, kamu tentu akan bertemu dengan orang lain dengan kelebihan sepertimu. Kadang-kadang ego bisa muncul dalam hal ini. Ingin menunjukkan siapa yang paling hebat diantara kalian. Hal ini perlu kamu hindari. Kamu harus mau menurunkan egomu untuk mau belajar mengakui kelebihan orang lain, mau mendengarkan saran dari orang yang lebih mampu darimu serta berkenan memberikan masukkan pada orang yang memiliki kemampuan di bawahmu. Istilahnya kamu tidak disarankan untuk mengembangkan kemampuanmu untuk bersaing secara megatif dengan dengan orang lain. Kamu harus mau mengembangkan kemampuanmu untuk kebaikan dirimu dan kebaikan banyak orang. Dengan memahami ini, maka kemampuanmu akan memuliakan Tuhan sebagai pemberi kemampuan tersebut.

Nah itulah 4 cara mengembangkan kemampuanmu. Percayalah semua orang terlahir dengan kemampuannya, selanjutnya mari kembangkan kemampuanmu dengan beberapa cara di atas. Kamu pasti bisa.

Penulis : *Beatrix Yunarti Manehat, MSA*

Previous post Hoax, 3 Orang Warga Leuntolu Dikabarkan Melarikan Diri Dari Bandara Haliwen Saat Hendak Dikarantina Petugas.
Next post Surat Dari DPRD Belu Kepada Bupati dan Wakil Bupati Belu Terkait Penanganan Virus Corona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.