3 Cara Mencintai dan Mengapresiasi Diri!!!

Gambar// Ilustrator Nadi//Jrno

Keinginan mencapai mimpi, kekuatan berjuang untuk menang hingga semangat untuk meraih keinginan bisa membawamu pada satu titik yakni titik jenuh atau titik kelelahan. Usaha yang terlalu keras untuk mewujudkan mimpi terkadang membuat tubuh dan pikiranmu lelah. Menangis tiba-tiba atau sedih yang mendalam akibat perjuangan itu bisa saja terjadi pada kamu yang sedang membangun jembatan kehidupan yang baik. Kesedihan ini akan semakin memburuk jika kamu malah menyalahkan dirimu atas ketidakberhasilan itu.

Hidup memang tak pernah lepas dari proses. Proses yang harus kamu lewati sebagai seorang pribadi. Gagal, bankit lagi, gagal, bangkit lagi. Nah, dalam proses inilah kamu dan dirimu sama-sama bertarung mengalahkan kemalasan, mengalahkan ego, melawan ketakutan, memberanikan diri untuk melangkah, kecewa karena belum berhasil, takut untuk bangkit setelah gagal, banyak hal yang terjadi pada dirimu saat kamu memutuskan untuk keluar dari zona nyaman.

Saat keluar dari zona nyaman dirimu juga tentu akan rentan terhadap berbagai macam persoalan dan bisa jadi butuh lebih banyak perhatian, cinta dan apresiasi untuk kembali bangkit menerjang ombak. Kadang setelah berjuang keras dan gagal aku dan kamu sebagai seorang manusia malah menyalahkan diri sendiri, mengutuknya dan membuatnya jadi tampak buruk. Hal ini sebenarnya tak baik untuk perkembanganmu. Yuk mulai belajar mencintai dan mengapresiasi diri sendiri. Berikut 3 cara yang dapat kamu lakukan untuk mencintai dan mengapresiasi dirimu:

1. Berterimakasih dan Bersyukur pada dirimu
Mengucapkan terimakasih tidak boleh hanya diberikan kepada orang lain atau rekanmu namun juga harus kamu berikan kepada dirimu sendiri. Ketika kamu berhasil mendapatkan juara misalnya kamu harus mengucapkan terimakasih kepada dirimu karena sudah mau bekerjasama untuk memenangkan pertarungan tersebut. Ketika kamu makin sehat, kamu juga harus berterimakasih kepada dirimu karena sudah membawamu pada titik itu. Ucapkan terimakasih sesering mungkin kepada dirimu, ucapkanlah terimakasih untuk segala hal sekecil apapun itu karena ialah pribadi yang berjuang tanpa lelah bersamamu. Berterimakasih kepada dirimu dengan cara memberikan senyuman manis kepadanya tanpa terus memberikan tekanan untuk berjuang walau lelah. Selanjutnya kamu perlu memeluk dirimu sesering mungkin dengan rasa bersyukur. Berikan kehangatan kepada dirimu dengan ucapan syukur karena sudah mau berjuang sejauh ini. Bersyukur karena dirimu dengan gagah berani dari hari ke hari mau berusaha dan berproses untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Bersyukurlah karena kamu diberi kekuatan oleh dirimu untuk terus maju dalam berbagai kepelikan dan kepahitan dunia. Syukurilah segala kelebihan yang sudah dipercayakan pada dirimu. Bersyukurlah untuk setiap kesempatan baik maupun buruk yang kamu dan dirimu lewati.

2. Ekspresikan dirimu
Terkadang dunia memaksamu untuk tak mengekspresikan dirimu yang sebenarnya. Demi kepentingan dunia kamu harus memakai topeng. Belajarlah mencintai dirimu dengan mengekspresikan dirimu lebih baik. Marahlah jika memang kamu harus marah, tertawalah jika memang demikian seharusnya. Berkatalah jika kamu ingin mengeluarkan pendapatmu, menyanyilah jika memang ingin menyanyi. Berlarilah jika perlu berlari, berisitihatlah jika memang harus beristirahat. Ekspresikanlah dirimu agar tak ada ganjalan penyesalan dalam dirimu. Dengan mengekspresikan diri kamu mampu menumbuhkan rasa percaya diri dalam dirimu. Mengekspresikan diri menunjukkan bahwa kamu mengeluarkan kesesakan dalam dadamu dan meringankan beban dalam tubuhmu. Mengekspresikan diri dengan baik menjadikan kamu pribadi yang lebih jujur dan menghargai setiap rasa yang ada pada dirimu. Istilah menjadi kamu yang apa adanya tanpa perlu bersembunyi di balik topeng yang pelik.

Previous post Perwakilan Mahasiswa Ende di Beberapa Daerah Harap Pemda Terbuka Dalam Melakukan Pendataan
Next post Siap-Siap Setelah Covid Berlalu Jangan Lupa Kunjungi Agro Wisata Leuntolu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.