Pendidikan: Memanusiakan Manusia!!!

https://pedomanbengkulu.com/2019/09/membongkar-persoalan-pendidikan/

Apa defenisi pendidikan menurut kamu?  Proses mendapatkan Pembelajaran? Jalur untuk menambah wawasan? Atau cara untuk mendapatkan ilmu pengetahuan? Banyak ahli sudah berpendapat tentang defenisi pendidikan. Ki Hajar Dewantara misalnya mengatakan bahwa pendidikan adalah suatu tuntunan untuk menemukan kebahagiaan dalam dalam hidup. Frederick J. Mc Donald juga menyumbangkan idenya tentang defenisi pendidikan, Beliau mengemukakan bahwa pendidikan itu merupakan suatu proses untuk mengubah karakter manusia. Selanjutnya, dalam Ensiklopedia pendidikan Indonesia disebutkan bahwa pendidikan merupakan proses pembimbingan manusia agar melepaskannya dari kebodohan, ketidaktahuan ataupun kegelapan. 

Nah, terdapat beragam defenisi tentang pendidikan namun jika ditelaah lebih jauh intisari dari setiap pendapat di atas hanya satu yakni “pendidikan adalah proses memanusiakan manusia”. Memanusiakan manusia yang dimaksud bisa dalam berbagai macam konteks positif. Menambah pengetahuan, membimbing ke arah yang lebih baik, menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan ke arah positif hingga meminimalisir tingkat ketidaktahuan manusia. Memanusiakan manusia dalam kaitannya dengan defenisi pendidikan merujuk pada pemberian nilai tambah akan wawasan  ilmu pengetahuan serta yang tak kalah penting adalah perubahan secara massif dalam karakter manusia.

Bertambahnya wawasan pengetahuan diharapkan sefrekuensi dengan bertambahnya pemahaman akan karakter yang baik. Hal ini penting agar pendidikan tidak digunakan untuk menghancurkan manusia atau mencelakakan makhluk yang lainnya. Dengan adanya pendidikan yang berintisarikan pada konsep memanusiakan manusia, hati nurani yang selalu membisikkan kebaikan seharusnya memiliki peran sentral dalam kehidupan manusia. Pendidikan menjadi katalisator untuk melahirkan kebaikan, penghargaan, sikap rendah hati, sikap suka menolong, sikap melayani, saling berbagi, menghargai dan sikap-sikap positif lainnya.

Pendidikan tidak boleh menjadikan manusia menjadi makhluk yang jauh dari defenisi positif. Pendidikan harus mampu membawa manusia dekat dengan Tuhan serta memahami dasar-dasar pembelajaran kehidupan yang positif agar semua orang yang berpendidikan pada akhirnya mampu memanusiakan manusia dalam jalur yang positif. So, apapun defenisi pendidikan menurutmu, pastikan defenisi itu mampu membuatmu memanusiakan manusia. Temukan defenisi pendidikan versimu mu sendiri (tentunya dalam batasan yang positif)  dan mari gunakan pendidikan untuk memanusiakan manusia!!! 


Daftar Referensi:Dewantara, Ki Hadjar, Karya Bagian I: Pendidikan, Yogyakarta: MLPTS, 1962.McDonald, Frederick J.., Eucational Psychology, Tokyo: Overseas Publications, Ltd.,1959Poerbakawatja, Soegarda. Ensiklopedia Pendidikan. Jakarta. Gunung Agung. 1981

Penulis *Beatrix Yunarti Manehat*

Previous post Beberapa Kalimat Ini Sering Menjadi Tempat Berlindung Para Pecundang.
Next post Review Singkat Novel Maxim Gorky Pecundang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.